Minggu, 26 Oktober 2014

Cara Meraih Kesuksesan


Alkitab memberikan pandangan yang benar tentang kesuksesan. Alkitab tidak mengajarkan bahwa kesuksesan hanya bisa diraih segelintir orang yang beruntung. Namun, Alkitab juga tidak mendukung khayalan di buku dongeng bahwa hanya dengan ’mengejar mimpi-mimpi Anda’, semua keinginan Anda akan terwujud. Pandangan seperti itu, yang sangat sering ditanamkan pada anak-anak sejak kecil, kemungkinan besar akan berujung pada kekecewaan.
Kenyataannya, siapa pun bisa sukses, tapi butuh upaya. Pertimbangkan prinsip-prinsip berikut ini.
  • Setumpuk uang logam
    APA KATA ALKITAB:
    ”Orang yang mencintai perak tidak akan dipuaskan dengan perak, demikian pula orang yang mencintai kekayaan tidak akan dipuaskan dengan penghasilan.”Pengkhotbah 5:10.
    ARTINYA. Gaya hidup yang mengejar harta benda tidak menjamin kepuasan. Yang terjadi justru sebaliknya. ”Orang yang hanya mementingkan uang akan lebih sering khawatir dan stres daripada orang yang menghargai persahabatan,” tulis Dr. Jean M. Twenge dalam bukunya Generation Me. Ia menambahkan, ”Penelitian selalu membuktikan bahwa uang tidak dapat membeli kebahagiaan. Kalau kebutuhan dasar sudah terpenuhi, kepuasan hidup tidak terlalu bergantung lagi pada penghasilan.”
    YANG BISA ANDA LAKUKAN. Tetapkan tujuan yang lebih bermakna daripada sekadar mengejar uang dan harta benda. ”Berjagalah terhadap setiap jenis keinginan akan milik orang lain,” kata Yesus, ”karena bahkan jika seseorang berkelimpahan, kehidupannya bukanlah hasil dari perkara-perkara yang ia miliki.”Lukas 12:15.
  • Pria yang sombong
     APA KATA ALKITAB:
    ”Kesombongan mengakibatkan kehancuran; keangkuhan mengakibatkan keruntuhan.”Amsal 16:18, Bahasa Indonesia Masa Kini.
    ARTINYA. Ambisi dan kesombongan tidak akan membuat Anda benar-benar sukses. Malah, menurut buku Good to Great, hasil riset menunjukkan bahwa direktur yang sudah lama sukses ”justru sederhana, tidak suka menonjolkan diri, dan tidak menjadi pusat perhatian. Sebaliknya, dua pertiga perusahaan sejenis cenderung bangkrut atau tidak maju-maju akibat gengsi direkturnya terlalu besar.” Pelajarannya? Terlalu memikirkan diri sendiri malah mengakibatkan kegagalan, bukannya kesuksesan.
    YANG BISA ANDA LAKUKAN. Daripada mengejar gengsi, belajarlah untuk rendah hati. Alkitab mengatakan, ”Jika seseorang berpikir bahwa ia penting padahal ia bukan apa-apa, ia menipu pikirannya sendiri.” Cara berpikir seperti itu jelas tidak menghasilkan kesuksesan.Galatia 6:3.
  • Palu yang digenggam
     APA KATA ALKITAB:
    ’Tidak ada yang lebih baik bagi manusia selain menikmati hal-hal baik karena kerja kerasnya.’Pengkhotbah 2:24.
    ARTINYA. Jika Anda belajar memandang pekerjaan dengan cara yang benar, kemungkinan besar Anda akan lebih menikmati pekerjaan Anda. Dalam bukunya Teach Your Children Well, Dr. Madeline Levine menulis, ”Kita bisa merasa sukses dalam suatu bidang karena kita mahir melakukannya, dan kemahiran erat kaitannya dengan upaya dan kegigihan.” Hal itu termasuk tangguh menghadapi kegagalan yang sewaktu-waktu mengadang.
    YANG BISA ANDA LAKUKAN. Bekerja keras untuk menjadi mahir, dan jangan menyerah sewaktu menghadapi rintangan. Jika Anda memiliki anak, beri mereka kesempatan untuk menyelesaikan sendiri masalah mereka sesuai dengan usia dan kesanggupan mereka. Jangan terburu-buru ikut campur dan menyelesaikan semua masalah mereka. Anak muda akan benar-benar puas dan mendapat pelatihan yang bagus untuk masa depan kalau mereka belajar untuk tangguh.
  • Seekor anjing
    APA KATA ALKITAB:
    ”Anjing yang hidup lebih baik keadaannya daripada singa yang mati.”Pengkhotbah 9:4.
    ARTINYA. Kalau Anda bekerja, pekerjaan Anda semestinya menjadi bagian dari hidup Anda, tapi jangan sampai itu menyita seluruh hidup Anda. Apakah Anda bisa merasa sukses jika Anda mencapai puncak karier tapi sakit-sakitan atau hubungan dengan keluarga tidak harmonis lagi? Orang yang benar-benar sukses berupaya agar pekerjaan, kesehatan, dan kehidupan keluarga mereka tetap seimbang.
    YANG BISA ANDA LAKUKAN. Jagalah kesehatan Anda. Pastikan Anda cukup istirahat. Tak ada gunanya Anda bekerja mati-matian dan mengorbankan segalanya, seperti kesehatan, keluarga, dan persahabatan, tapi hasilnya sukses yang palsu.
  • Alkitab yang terbuka
    APA KATA ALKITAB:
    ”Berbahagialah mereka yang sadar akan kebutuhan rohani mereka.”Matius 5:3.
    ARTINYA. Belajar Alkitab dan menerapkan prinsip-prinsipnya sangat penting agar bisa benar-benar sukses. Kenyataannya, jutaan Saksi-Saksi Yehuwa telah merasakan bahwa dengan mengutamakan hal-hal rohani dalam kehidupan, mereka jadi tidak terlalu mengkhawatirkan hal-hal materi.Matius 6:31-33.
    YANG BISA ANDA LAKUKAN. Cari tahu bagaimana Alkitab bisa membantu Anda meraih sukses yang sebenarnya. Untuk mendapat informasi lebih lanjut, hubungi Saksi-Saksi Yehuwa di daerah Anda atau kunjungi situs Web kami, www.jw.org/id.

CARI TAHU LEBIH BANYAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar